Sabtu, 15 Februari 2014

Artikel Pergerakan



Impelementasi Nilai kepemimpinan Rasulullah di PMII

                Pemimpin adalah seseorang yang diberi kedudukan tertentu dan bertindak sesuai dengan kedudukannya tersebut. Pemimpin juga adalah seorang ahli dalam organisasi / masyarakat yang diharapkan menggunakan pengaruh dalam melaksana dan mencapai visi dan misi institusi / lembaga yang dipimpinnya.Dia adalah pemimpin yang tidak bukan menggunakan kedudukannya untuk memimpin namun ia menggunakan sebagai mitra yang dipimpin.Sedangkan kepemimpinan merupakan proses untuk mempengaruhi orang lain.
            Kepemimpinan Menurut Islam Kepemimpinan dalam Islam merupakan usaha menyeru manusia kepada amar makruf nahi mungkar, menyeru berbuat kebaikan dan melarang manusia berbuat keburukan. Kepemimpinan Islam adalah perwujudan dari keimanan dan amal saleh. Oleh karena itu seorang pemimpin yang mementingkan diri, kelompok, keluarga, kedudukannya dan hanya bertujuan untuk kebendaan.
Pada era globalisasi ini terdapat suatu permasalah yang krtitis yaitu krisis kepemimpinan,saat ini banyak teori-teori kepemimpinan namun kenyataan di lapangan hasilnya tidak ada,inilah yang membuat jenuh masyarakat,teori-teori kepemimpinan yang berkembang pada umumnya dari bangsa barat padahal kita sebagai generasi muda islam telah diajarkan sistem kepemimpinan yang ideal dan sistem kepemimpinan ini hasil pemikiran Rosulullah. Dalam suatu telaah terhadap seratus tokoh berpengaruh di dunia, Muhammad saw diakui sebagai seorang tokoh yang paling berpengaruh dan menduduki rangking pertama. Ketinggian itu dilihat dari berbagai perspektif, misalnya sudut kepribadian, jasa-jasa dan prestasi beliau dalam menyebarkan ajaran Islam pada waktu yang relatif singkat. Kesuksesan beliau dalam berbagai bidang merupakan dimensi lain kemampuan sebagai leader dan manajer yang menambah keyakinan akan kebenaran Rasul.Dikatakan leader karena beliau selalu tampil di muka, menampilkan keteladanan, dan kharisma sehingga mampu mengarahkan, membimbing dan menjadi panutan. Dikatakan manajer karena beliau pandai mengatur pekerjaan atau bekerja sama dengan baik, melakukan perencanaan, memimpin dan mengendalikannya untuk mencapai sasaran.

Oleh : Shohibu Ryan 

               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar